Manfaat Perencanaan Bagi Perusahaan

Perencanaan perusahaan sangat penting dan ini menunjukkan ke- sungguhan wurausaha dalam menja- lankan kajian dan penelitian tentang prospek kegiatan perusahaan. Ini adalah metode paling baik berban- ding dengan menjalankan perusahaan tanpa secarik perencanaan secara tertulis. Tanpa perencanaan, suatu perusahaan akan kehilangan sasaran. Perencanaan membantu pengelola menjawab beberapa persoalan seperti berapakah tingkat pertumbuhan peru- sahaan, apakah fokus yang perlu di- tumpukan, apakah pasar yang patut dihindarkan, apakah target keuntung- an perusahaan, apakah kedudukan pesaing dan apkah peluang untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Menulis mengenai rencana perusahaan meliputi beberapa hal beri- kut penilaian lingkungan, penelitian pemasaran, dan penilaian keuangan. Menuliskan hal-hal seperti ini merupakan sesuatu yang diperlukan agar ide-ide yang kita pikirkan itu diingat dan tidak dilupakan begitu saja. Ma- lah ide itu dapat dikembangkan dan dapat menggambarkan sesuatu dengan lebih jelas lagi.

Suatu persoalan penting yang perlu dilakukan dalam perencanaan perusahaan ialah berusaha menentu- kan arah dari operasi perusahaan dengan meramalkan tentang hal-hal yang akan berlaku pada masa akan datang dan merencanakan strategi yang sesuai. Perencanaan perusahaan juga memandu pengelola dan pekerja menuju sasaran yang ingin dicapai.

1. Definisi Rencana Perusahaan

Rencana perusahaan merupakan catatan ringkas yang dibuat oleh wirausaha untuk menggambarkan operasi dan menerangkan soal keuangan, tahap keuntung- an, strategi pemasaran, kemam- puan manajemen dan kepakaran pihak pengelola. Perencanaan perusahaan diibaratkan sebagai peta petunjuk perjalanan. Ia men- ceritakan cara menuju sasaran, tujuan dan bagaimana cara untuk mencapai kesemuanya. Secara lengkap ia merangkum misi, tu- juan dan sasaran, anggaran (bud- get), ramalan keuangan, target pasar, strategi pengembangan dan lain-lain. Pengelola mencoba memberi gambaran tentang cara- cara yang akan memandu perusa- haan mencapai keberhasilan.

2. Tujuan Perencanaan Perusahaan

Perencanaan perusahaan memberi pengelola sesuatu yang boleh dirujuk dan dinilai berda- sarkan prestasi yang dicapai oleh perusahaan dan kelompok manajemen. Perencanaan perusahaan mencoba menarik perhatian in- vestor dan pemilik dana untuk menyumbangkan modal kepada perusahaan. Oleh sebab itu pihak wiraausaha mesti membuat suatu rencana perusahaan yang baik dan teratur serta menunjukkan pros- pek usaha pada masa yang akan datang untuk menarik minat in- vestor atau penyumbang modal. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

Komentar