KETERKAITAN KEPRIBADIAN DENGAN KESELAMATAN KERJA

Related image

sepatu safety - Keselamatan kerja adalah salah satu segi yang penting dari kemampuan. Perkembangan dalam bagian perlengkapan, tehnologi, dan prosedur dapat tingkatkan keselamatan kerja. Bahkan juga program kursus safety sudah diberi perusahaan untuk mengutamakan begitu pentingnya keselamatan kemampuan. Oleh karenanya, tidaklah heran bila perusahaan dapat menggunakan uang miliaran bahkan juga lebih per th. untuk hindari kecelakaan kerja dan melindungi keselamatan kerja.

Biasanya, kecelakaan juga akan diliat jadi akibatnya karena kekeliruan desain dan sistem. Oleh karenanya, protokol dan prosedur senantiasa jadi materi penting dalam kursus safety. Namun, apakah Kamu tahu kalau sumber utama yang sesungguhnya dari keselamatan kerja yaitu karakter kepribadian individu tersebut? Menurut Greg Ford (HRVoice. org), 90% kecelakaan yang terjadi dikarenakan oleh human error, bukanlah karena ada kegagalan perlengkapan maupun factor beda. Apabila kita mengingat kembali momen besar seperti insiden Chernobyl ataupun tenggelamnya Kapal Costa Concordia, penyebabnya basic dari momen itu yaitu karena human error. Momen itu adalah insiden yg tidak terlupakan dan beresiko besar, banyak nyawa hilang karena jadi korban dan mengakibatkan kerugian yg tidak terhitung biayanya.

Pada lingkungan kerja yang terdapat alat berat atau mesin, pada dijumpai kalau kecelakaan kerja dikarenakan oleh individu-individu yang memiliki kecenderungan alur kepribadian yang sama diliat dari perilakunya. Dengan kata beda, kecenderungan tingkah laku itu yang juga akan menyebabkan resiko terjadinya human error ditempat kerja makin besar. Tingkah laku yang dijumpai menyebabkan kecelakaan ditempat kerja dan/atau insiden yang berkaitan dengan safety relatif dipunyai oleh individu yg tidak memerhatikan detil, susah ikuti ketentuan, tidak dapat mengatasi stress, susah bersosialisasi dengan orang yang lain dan lebih suka bekerja, maupun terlalu supel dan jadi fokus perhatian.

Hogan sudah mempelajari tingkah laku yang terkait dengan safety selama 30 th. dalam beragam industri, riset itu tunjukkan jalinan yang kuat pada kepribadian dan tingkah laku yang berkaitan dengan safety. Hogan Assessment dapat memberi perkiraan kemampuan ataupun deskripsi tingkah laku safety ditempat kerja. Asesmen tentang safety dapat dimasukkan jadi bagian dari sistem perekrutan hingga perusahaan juga akan mempekerjakan individu yang memiliki safe behavior yang juga akan meminimalisir resiko kecelakaan kerja yang akan datang. Diluar itu, bisa pula dipakai untuk pengembangan beberapa karyawan, bagaimana mereka mengerti kepribadiannya sendiri juga akan memengaruhi keselamatan kerja dan mereka harus bertanggungjawab untuk hal itu, bagaimana mereka membuat kondisi yang aman, dapat mengetahui karyawan yang memiliki kecenderungan berisiko, dan melakukan coaching tentang safety.

Dengan pemakaian Asesmen safety secara detail, perusahaan dapat hindari pengeluaran biaya untuk kecelakaan kerja, produktivitas yang makin bertambah, tingkatkan corporate image dan reputasi perusahaan, dan bahkan juga yg tidak kalah penting yaitu juga akan menyelamatkan nyawa orang banyak.

Komentar