KESELAMATAN KERJA BENGKEL KECIL

Image result for KESELAMATAN KERJA BENGKEL KECIL

sepatu safety - Keamanan yaitu Pekerjaan Kamu!

Keamanan dalam bengkel bermakna membuat perlindungan diri Kamu sendiri dan lingkungan kamu dari bahaya dan rusaknya. Keamanan yaitu pekerjaan setiap orang juga pekerjaan untuk Kamu.

Pada saat bekerja di bengkel, Kamu dalam kondisi aman bila Kamu membuat perlindungan mata, jari tangan dan semua bagian badan dari bahaya setiap waktu. Keamanan juga bermakna siaga pada sekitar lingkungan.

Penyusunan Bengkel

Pertama – tama yang perlu ditangani jika Kamu berada di bengkel yaitu menyelidiki di mana letak suatu hal. Pada umumnya rancangan bengkel reparasi mesin kecil diperlihatkan pada gambar 1. Amati rancangan bengkel Kamu. Kamu harus kerjakan ini tanpa ada membedakan kalau bengkel itu bengkel sekolaha atau bengkel di mana Kamu bekerja.

Kamu harus mencatat dalam hati di mana perlengkapan tangan atau mesin terdapat. Baca larangan dan peringatan yang terpasang pada dinding. Larangan atau peringatan yang dipasang untuk memperingatkan Kamu pada bahaya mungkin. Camkan di mana letak pemadam api, mungkin suatu saat Kamu harus memperolehnya dengan selekasnya.

Kondisi Darurat

Apabila terjadi kecelakaan atau salah seseorang terluka, katakan selekasnya pada pimpinan Kamu. Pimpinan juga akan buat ketentuan apa yang perlu dilakukan, menyebut dokter atau ambulan. Apabila terjadi kebakaran padamkan selekasnya. Makin selekasnya Kamu melakukan tindakan makin mudah api dikuasai.

Mencegah kebakaran

Bensin yaitu bahan yang ada didalam bengkel dan sering dilupakan orang bila bahan itu dapat menyebabkan bahaya yang sangat besar. Bunga api atau korek dalam ruangan tertutup yang penuh dengan uap bensin dapat menyebabkan ledakan. Bahkan juga bunga api dari saklar lampu dapat juga menyebabkan bahaya itu. Suatu saat terjadi momen di mana pekerja membersihkan lantai bengkel dan jendela ruang dalam kondisi tertutup, lalu dia mematikan lampu. Bunga api dari saklar meledakan uap bensin yang merusakkan bangunan dan melukai atau mengakibatkan orang wafat dunia.

Juga beresiko buang bensin pada saluran pengering lantai, bensin juga akan berupa gas pada gorong-gorong. Gas juga akan meledak apabila tanpa ada berniat seorang buang puntung rokok. Untuk menghindar terjadinya bahaya, jendela bengkel harus tetaplah terbuka lebar dan system ventilasi yang baik bila memang ada uap bensin di sekitar. Keringkan dengan lap saat itu juga bila bensin tercecer dan jemur lap pengering barusan diluar. Tidak bisa menyalakan api dan merokok di sekitar bensin berada. Apabila Kamu bekerja pada mesin dengan karburator, saluran bensin, pompa bensin yang bocor, tampung bocoran bensin dengan kaleng atau kain lap. lalu simpan lap di luar sesegera mungkin. Perbaiki kebocoran sesegera mungkin. Berhati-hatilah dan jauhi bunga api di sekitar bensin.

Taruh bensin dalam drum pengaman (Gb. 3). janganlah menaruh bensin pada bejana yang terbuka atau botol plastik yang tidak tebal. Botol dapat pecah dan menyebabkan kebakaran.

Kain berminyak dapat juga jadi penyebabnya kebakaran yang beda. Minyak pada kain lap mungkin dapat menyebabkan panas yang dapat membakar kain tersebut atau oleh api dari luar. Ini dikarenakan oleh reaksi kimia yang menimbukan panas dan api.

Kain berminyak dan sampah harus ditempatkan dalam tong besi tertutup hingga sampah-sampah ini tidak menyebabkan bahaya apa pun.

Orang menyebutkan, ‘‘Kecelakaan tentu terjadi! “, Pakar keselamatan kerja tidak sepakat, kecelakaan itu ada pemicunya. Penyebabnya kecelakaan diantaranya kelalaian, tidak ikuti panduan kerja, pemakaian perlengkapan yg tidak tepat atau perlengkapan rusak.

Untuk melindungi agar tidak terjadi kecelakaan ikuti panduan keselamatan kerja berikut ini :

1. Bekerjalah dengan tenang dan curahkan perhatian seutuhnya pada pekerjaan itu.

2. Jagalah alat dan peralatan dengan memakainya seperti harusnya.

3. Janganlah bercanda yang mungkin mengakibatkan sendiri atau orang yang lain alami kecelakaan.

4. Janganlah menyimpan benda tajam seperti obeng dalam saku Kamu. Kamu mungkin juga akan tertusuk karena itu.

5. Optimis kalau baju Kamu sesuai untuk kerja. Baju yang kedodoran dan dasi dapat tergulung dalam mesin dan mengakibatkan kecelakaan yang serius. Janganlah memakai sandal atau sepatu dengan jari terbuka. Gunakan kulit dengan sol dan tumit karet agar tidak selip. Sepatu kerja dengan perlindungan jari dari baja yaitu yang paling baik.

Komentar